5. Modul Standard Operating Procedure (SOP) Manajemen Penanaman Kacangan

Latar Belakang
Salah satu rangkaian aktifitas utama yang menentukan tingkat keberhasilan perkebunan kelapa sawit yaitu kegiatan menanam kacang-kacangan sebagai penutup tanah untuk mempersiapkan kondisi yang kondusif/positif bagi penanaman kelapa sawit. Kacangan dibutuhkan sebagai penutup tanah untuk menutupi permukaan tanah sehingga pertumbuhan gulma dapat ditekan, mengurangi kompetisi unsur hara, juga berfungsi sebagai penghasil bahan organik, dan dapat mengikat unsur Nitrogen dari udara. Penanaman Kacangan dalam perkebunan kelapa sawit tidak diwajibkan tetapi direkomendasikan. Perkebunan dengan tanah yang kurang subur wajib ditanami kacangan untuk menambah unsur N dalam tanah.
Kacangan sebaiknya ditanam sebelum tanaman kelapa sawit ditanam, dengan harapan akan memberikan dampak yang baik terhadap pertumbuhan kelapa sawit.
 
Tujuan
Tujuan di buatnya Modul Standard Operating Procedure (SOP) Manajemen Penanaman Kacangan ini adalah Untuk memberikan standarisasi sistem penanaman kacangan yang berlaku di lingkungan perkebunan rakyat.