10. Modul Standard Operating Procedure (SOP) Pengendalian Organisme Pengganggu Tanaman

Latar Belakang
Semua organisme yang dapat menyebabkan penurunan potensi hasil yang secara langsung karena menimbulkan kerusakan fisik, gangguan fisiologi dan biokimia, atau kompetisi hara terhadap tanaman budidaya.
Penyakit atau biasa disebut sebagai faktor pembawa penyakit adalah organisme yang memberikan gejala sakit, menurunkan imunitas, atau mengganggu metabolisme tanaman sehingga terjadi gejala abnormal pada sistem metabolisme tanaman tersebut yang ditandai dengan penurunan produktifitas tanaman kelapas sawit. Beberapa penyakit masih dapat ditanggulangi dan tidak memberikan efek serius apabila imunitas tanaman dapat ditingkatkan atau varietas tersebut toleran terhadap penyakit yang menyerangnya. Namun terdapat pula penyakit yang memberikan efek serius pada tanaman dan bahkan menyebabkan kematian. Beberapa penyakit tanaman adalah virus, bakteri, dan cendawan. Umumnya gejala penyakit memiliki efek menular yang sangat cepat dan sulit dibendung.
 
Tujuan
Untuk dapat mengetahui sedini mungkin keberadaan jenis organisme penggangu tanaman (OPT), tingkat produksi, stadia OPT, kondisi, pola, intensitas, luas, dan kategori serangan OPT di Lapangan.