SPKS SPKS Sekadau Lakukan Pelatihan Manajemen Koperasi Pekebun Sawit Swadaya>

SPKS Sekadau Lakukan Pelatihan Manajemen Koperasi Pekebun Sawit Swadaya

Sekadau juni 2021, Serikat Petani Kelapa Sawit Kabupaten Sekadau (SPKS Sekadau) Kembali mengadakan pelatihan Koperasi dengan tujuan agar kopearsi petani sawit bisa berfungsi dengan baik dalam melayani kebutuhan anggota. Ketua SPKS Sekadau mengatakan bahwa pelatihan kelembagan koperasi ini di lakukan untuk 3 kopersi yang sudah di bentuk oleh SPKS yaitu koperasi Koperasi Tani Jaya Mandiri, kedua, Koperasi Persada Engkersik Lestari, ketiga, Koperasi Piansak Mandiri koperasi ini anggotanya merupakan petani sawit swadaya dengan anggota saat ini kurang lebih sekitar 100-200 petani setiap koperasi.

Pelatihan kelembagan koperasi ini diadakan selama 2 hari, dengan materi pelatihan di fokuskan pada dinamika kelompok untuk memperkuat kebersamaan dari masing-masing pengurus koperasi serta di Latihan untuk manajemen pengelolaan perencanan dan pengelolaan keuangan koperasi. Kita harapkan melalui pelatihan ini pengurus koperasi memiliki tambahan pengetahuan untuk mengelola koperasi-masing apalagi koperasi-koperasi in ikan baru jadi di butuhkan secara terus menerus pendampingan. Dalam pembentukan koperasi ini juga kita bekerjasama dengan dinas koperasi Sekadau agar selain dari SPKS juga ada pendampingan secara langsung dari pemerintah.

Bernadus Mohtar menambahkan koperasi ini juga di bentuk Internal Control Sistem (ICS) dengan tujuan kedepan bisa menjadi persiapan jika akan di dorong dalam system sertifikasi sawit berkelanjutan baik itu ISPO ataupun RSPO. ICS tentunya sangat perlu ada di masing-masing koperasi karena diharapkan akan fokus untuk memperlajari persyaratan dan ketentuan-ketentuan sertifikasi sawit berkelanjutan. ISPO misalnya kedepan 2025 itu kan sdh mandatory mau tidak mau kita sebagai petani harus mulai mempersiapkan diri untuk menuju kesana.

Sumber :