SPKS SPKS Dampingi Pembentukan 4 Koperasi Sawit>

SPKS Dampingi Pembentukan 4 Koperasi Sawit

Sekadau, Serikat Petani Kelapa Sawit (SPKS) Kabupaten Sekadau, belum lama ini melakukan pendampingan langsung untuk pembentukan Koperasi petani kelapa sawit, 4 koperasi yang di bentuk tersebut diantaranya pertama, Koperasi Tani Jaya Mandiri, kedua, Koperasi Persada Engkersik Lestari, ketiga, Koperasi Piansak Mandiri, dan satu koperasi yang sedang dalam proses pembentukan.

“Seluruh koperasi ini berangotakan petani sawit swadaya dengan masing-masing anggota koperasi sekitar 200 petani,” kata Sabaraudin dari SPKS kepada InfoSAWIT, belum lama ini.

Lebih lanjut kata Sabarudin, koperasi-koperasi yang di bentuk ini diharapkan akan menjadi wadah petani sawit dan pengembangan usaha perkebunan kelapa sawit mereka. Selain itu juga koperasi tersebut akan menjadi wadah petani sawit daam mengemabangkan kemitraan dengan perusahan sekitar dan pengembangan sawit berkelanjutan melalui Indonesia Sustainability Palm Oil (ISPO).

“Pembentukan koperasi ini merupakan program kolaborasi bersama pemerintah daerah kabupaten dan SPKS, termasuk perusahaan perkebunan melalui dukungan program SPOS Indonesia atau juga program “Dukungan Sawit Berkelanjutan di Indonesia”, tandas Sabarudin.

Sumber :