SPKS High Carbon Stock Approach>

High Carbon Stock Approach

Steering Group HCSA adalah sebuah kelompok kerja terdiri dari perusahaan perkebunan terkemuka yang berkomitmen untuk meniadakan deforestasi, LSM-LSM dan organisasi lainnya. Kelompok ini dibentuk di Singapura pada 2014, yang bertujuan untuk mengawasi tata laksana dan standar pendekatan HCS untuk mecapai penghentian deforestasi. Dalam Steering Group HCSA ini selain membicarakan isu tata kelola lahan dan deforestasi saat ini juga dimasukan isu petani sawit sebagai focus yang ingin dituju untuk kedepannya, mengingat maraknya kampanye hitam yang menuduh petani sebagai salah satu actor perusak/lingkungan.

Pada januari 2019 SPKS di tujuk menjadi anggota Anggota Steering Group HCSA Mewakili Petani sawit di indonesia, dengan ditunjuknya SPKS menjadi SG HCSA membuka peluang untuk mmeperkuat suara petani sawit di indonesia di forum internasional, beberapa yang menjadi konsentrasi SPKS :

  1. Promosi petani sawit indonesia yang saat ini mampu mempraktekan nilai-nilai lokal dalam menjaga hutan yang memilki nilai konservasi tinggi.
  2. Mendorong agar pasar sawit/pembeli sawit bisa memeberikan insentif pada petani yang melakukan langkah-langkah menjaga hutan di sekitar lahan sawitnya.
  3. Mendorong pasar dan pemerintah agar kedepan melihat petani berkalnjutan dari sisi praktek yang sudah dilakukan oleh petani mialnya petani yang melindungi hutan harus diakui sebagai petani yang sudah menerapkan perkebunan berkelanjtan.

Selengkapnya : http://highcarbonstock.org/